RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran
: Geografi
Kelas/Semester
: XI IPS/ 1 (satu)
Pertemuan
: Ketiga
Alokasi waktu
: 1 x 45’
Standar Kompetensi :
Menganalisis Fenomena Litosfer
Kompetensi Dasar : Menganalisis
tenaga apa yang membentuk permukaan bumi
Indikator :Mendiskripsikan
pengaruh tenaga endogen dan eksogen pada bumi.
Tujuan pembelajaran : siswa
dapat memahami tenaga apa saja pembentuk bumi.
Materi Pokok:
A.
Tenaga Pembentuk Muka Bumi
1.
Tenaga Endogen
2.
Tenaga Eksogen
Metode Pembelajaran :
Metode pembelajaran: Ceramah bervariasi, diskusi, dan
penugasan melalui blog.
Sarana / Alat dan Sumber Belajar :
A. Sarana / Alat : email, blog,
jaringan internet.
B. Sumber Belajar : Buku
Geograpi yang relevan
Langkah-langkah kegiatan belajar:
1.Pendahuluan
A.Guru memberikan alamat blog yang berisi materi tentang dampak kerusakan hewan dan tumbuhan terhadap keberadaan kehidupan.
2.Kegiatan inti
1.Pendahuluan
A.Guru memberikan alamat blog yang berisi materi tentang dampak kerusakan hewan dan tumbuhan terhadap keberadaan kehidupan.
2.Kegiatan inti
A.
Siswa membuka alamat blog yang telah
diberikan.
B. Siswa memahami Tenaga pembentuk muka bumi dan mampu mendeskripsikan hasil
dari tenga endogen dan eksogen.
C. Apabila kurang memahami, siswa dapat bertanya melalui email:
oxydichy@gmail.com
3.Penutup
A.Siswa diberikan tugas individu, dengan tugas membuat makalah tentang akibat tenaga pembentuk bumi yang terjadi di indonesia.
B.Tugas tersebut dikumpulkan paling lambat 7 hari setelah tugas ini diberikan.
C.Tugas dikirim melalui email: oxydichy@gmail.com
A.Siswa diberikan tugas individu, dengan tugas membuat makalah tentang akibat tenaga pembentuk bumi yang terjadi di indonesia.
B.Tugas tersebut dikumpulkan paling lambat 7 hari setelah tugas ini diberikan.
C.Tugas dikirim melalui email: oxydichy@gmail.com
Penilaian
A.Penilaian tugas dilihat berdasarkan ketepatan mengumpul tugas dan hasil dari jawaban para siswa
A.Penilaian tugas dilihat berdasarkan ketepatan mengumpul tugas dan hasil dari jawaban para siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar